Ilmuan Uji Coba Transplantasi Organ Manusia Pada Babi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Ilmuan Uji Coba Transplantasi Organ Manusia Pada Babi

Tahapan transplantasi embrio chimeric (BBC)

Senin, 6 Juni 2016 | 11:29

Analisadaily - Para ilmuwan di Amerika Serikat mencoba untuk mentransplantasi organ manusia pada babi. Mereka telah menyuntikkan sel induk manusia ke dalam embrio babi untuk menghasilkan embrio manusia-babi yang dikenal sebagai chimera.

Embrio merupakan bagian dari penelitian yang bertujuan mengatasi kekurangan organ transplantasi di seluruh dunia. Tim dari University of California, Davis, mengatakan babi masih terlihat dan berperilaku seperti layaknya, kecuali organ yang terdiri dari sel-sel manusia.

Transplantasi embrio chimeric membutuhkan dua tahap. Pertama, teknik yang dikenal sebagai editing gen CRISPR yang digunakan untuk menghilangkan DNA dari embrio babi yang baru dibuahi. Ini memungkinkan janin yang dihasilkan tumbuh.

Tahap ini menciptakan genetik niche. Kemudian, induced pluripotent (iPS) sel-sel induk manusia disuntikkan ke embrio. Sel-sel iPS yang berasal dari sel dewasa diubah menjadi sel-sel induk yang mampu berkembang menjadi jaringan dalam tubuh.

Dilaporkan dari BBC, Senin (6/6), Tim di UC Davis berharap sel induk manusia bisa mengambil keuntungan dari niche genetik pada embrio babi dan janin yang dihasilkan akan tumbuh.

“Harapan kami adalah membuat embrio babi berkembang secara normal. Pankreas akan dibuat hampir secara eksklusif dari sel manusia dan bisa kompatibel dengan pasien untuk transplantasi,” kata Pablo Ross, seorang ahli biologi reproduksi yang memimpin penelitian.

Pekerjaan ini tidak dipungkiri mendapatkan kontroversial. Tahun lalu, lembaga penelitian medis utama AS, National Institutes of Health, dikenakan moratorium pendanaan percobaan tersebut. Sementara dalam mitologi Yunani, chimera adalah monster yang bernapas dengan api. Tubuhnya terdiri dari beberapa bagian hewan, yakni singa, kambing dan ular.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar