Ikut Paduan Suara Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Ikut Paduan Suara Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi (Weekend Notes)

Jumat, 22 Desember 2017 | 13:21

Analisadaily - Sebuah penelitian dari University of East Anglia menyatakan bagaimana seseorang yang mengikuti kelas atau organisasi paduan suara dapat meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian dilakukan pada Inisiatif Sing Your Heart Out (SYHO) yang sudah terbentuk sejak tahun 2005 di sebuah rumah sakit jiwa di Norwich. Awalnya, organisasi ini dibentuk untuk mengisi waktu luang pasien. Seiring waktu, kegiatan memberikan dampak positif bagi semua pasien.

Salah satunya adalah Penny Holden, 67, yang hidup dengan gangguan bipolar sepanjang hidupnya. Masuk ke dalam kelompok bernyanyi ternyata mengubah hidupnya. Sebab, bernyanyi adalah harmoni yang luar biasa.

"Ini adalah hal terbaik yang pernah saya lakukan. Masuk ke dalam kelompok membuat kita saling menjaga satu sama lain dan saling membantu. Saya merasa sulit untuk berhubungan dengan orang-orang yang pertama kali saya jumpai dan percaya pada mereka. Tidak jika saya di kelompok ini," kata Penny.

Periset dari Norwich Medical School UEA mengatakan, hal ini bisa terjadi karena setiap anggota merasakan saling memiliki. Kemudian, pernafasan dalam bernyanyi juga terbukti bagus untuk tubuh. Pendekatan dengan cara ini untuk penyembuhan terhadap penyakit mental sangat inklusif, santai dan menyenangkan.

Berbeda dengan terapi musik yang masih ada tekanan karena pasien merasa terapi musik adalah pengobatan. Dilansir dari BB, Jumat (22/12) tidak dengan paduan suara yang dianggap sebagai sebuah organisasi.

"Kelompok tidak perlu memberitahu keadaan sakit Anda," kata Prof. Shakespeare.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar