Ikan Makan Bahan Sabun Pencuci Wajah?

Penulis: Ria Situmorang | Editor: James P Pardede

Ikan Makan Bahan Sabun Pencuci Wajah?

Ilustrasi (Time)

Rabu, 16 September 2015 | 20:13

Analisadaily - Produk plastik ditemukan di dalam air hampir 75% dari pabrik pengolahan air di New York. Microbeads mungkin hanya beberapa milimeter tetapi potongan-potongan kecil plastik yang ditemukan dalam produk kosmetik membuat malapetaka bagi lingkungan kita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa filter air gagal menghapus microbeads dari saluran air karena ukurannya yang kecil meninggalkan microbeads di saluran air di mana ikan membuat kesalahan dengan memakan makanan yang seukuran dengan makanannya tersebut.

Dikutip dari laman Time, Selasa (15/9), David Andrews, Ilmuwan senior di Environmental Working Group mengatakan "Microbeads seperti pasir yang terbuat dari plastik, yang berbahaya tentang partikel ini adalah mereka melewati sebagian besar fasilitas pengolahan air limbah.”

Microbeads ditemukan di beragam produk dari kosmetik sampai pasta gigi. Kadang-kadang microbeads digunakan sebagai exfoliator. Di seluruh dunia, ratusan spesies hewan termasuk ikan, burung dan kura-kura ditemukan memiliki microbeads dalam tubuhnya. Dalam beberapa kasus, potongan-potongan plastik mengandung bahan kimia beracun ini diserap dari lingkungan sekitar.

Banyak perusahaan telah menghapus microbeads dari produk mereka secara sukarela. Bahan biodegradable dengan sifat yang sama telah digunakan sebagai pengganti partikel tersebut.

"Kami juga mempertanyakan mengapa bahan ini akhirnya digunakan dalam produk komersial," kata Andrews. 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar