Identifikasi Warna Lidah Sesuai Jenis Penyakit

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Identifikasi Warna Lidah Sesuai Jenis Penyakit

Lidah yang sehat berwarna pink (Fox News)

Selasa, 14 November 2017 | 11:36

Analisadaily - Bagaimana warna lidahmu hari ini? Lidah tidak hanya berfungsi sebagai indra perasa. Lidah bisa berfungsi untuk mengetahui apakah jenis penyakit yang Anda derita.

Mengidentifikasi jenis penyakit sesuai warna lidah dapat membantu Anda mengetahui lebih dini jenis penyakit yang diderita. Harus diketahui, seseorang dikatakan sehat jika memiliki lidah berwarna pink dan ditutupi dengan benjolan kecil yang disebut papila.

Dilansir dari Fox News, Selasa (14/11), beberapa masalah penyakit sesuai warnanya adalah:

Merah

Merah bukan berarti sehat. Warna merah pada lidah mengartikan Anda kekurangan vitamin tertentu, yaitu B-12, asam folat atau zat besi. Lidah berwarna merah juga bisa terjadi saat seseorang mengalami demam tinggi dan radang tenggorokan.

Putih menyeluruh

Warna putih pada lidah terjadi pada papilla. Jika ini terjadi, itu berarti Anda terinfeksi jamur atau sariawan.

Bercak putih

Ada bercak putih tanpa rasa sakit di atas atau bawah lidah menandakan leukoplakia. Jangan khawatir, ini tidak akan mengganggu. Kecuali Anda perokok berat. Maka bercak putih bisa jadi simbol awal dari kanker.

Benjolan merah

Terkadang, Anda mengalami benjolan merah di bawah, atas, atau samping lidah. Benjolan yang terasa sakit merupakan tanda radang papilla. Benjolan merah yang lama hilang bisa menjadi pertanda kanker mulut.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar