Hubungan Antara Deodoran dan Kanker Payudara

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Hubungan Antara Deodoran dan Kanker Payudara

Deodoran (Fox News)

Selasa, 8 Agustus 2017 | 14:35

Analisadaily - Belum lama ini, Anda mungkin pernah mendengar tentang hubungan antiperspirant yang dapat menyebabkan kanker payudara. Sebenarnya, beberapa orang bahkan berhenti menggunakan deodoran karena informasi ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi ini, para ilmuwan melakukan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Applied Toxicology. Para peneliti mengambil empat sampel jaringan payudara dari 40 wanita yang mengidap kanker.

Setelah menganalisis jaringan, mereka menemukan kandungan paraben sebanyak 99 persen di sampel jaringan. Lebih jauh lagi, para ilmuwan mendeteksi setidaknya ada 5 kandungan paraben dalam 60 persen sampel.

Selain itu, beberapa pasien memang mengalami kanker payudara yang terbentuk di daerah ketiak sedangkan yang lainnya tidak.

Pada saat bersamaan, penelitian ini tidak secara jelas menghubungkan paraben sebagai penyebab kanker payudara. Secara luas, tidak ada bukti kanker payudara diakibatkan dari deodoran yang mengandung paraben. Namun, memang membutuhkan lebih banyak penelitian.

Paraben adalah bahan sintetis yang digunakan di banyak produk perawatan pribadi hingga makanan. Perusahaan menggunakannya karena paraben murah dan berfungsi sebagai pengawet yang melindungi produk dari jamur dan pertumbuhan bakteri.

Karena paraben dapat diserap melalui kulit, bahan-bahan ini bisa dengan mudah masuk ke aliran darah seseorang.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar