HPV Naikan Risiko Kanker Kepala dan Leher

Penulis: Prima Sandova Sitanggang | Editor: Lely Novita

HPV Naikan Risiko Kanker Kepala dan Leher

Ilustrasi (Gizmodo)

Minggu, 28 Februari 2016 | 17:07

Analisadaily - Virus papiloma manusia (HPV) ternyata sangat berbahaya bagi manusia. Para peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York bahkan mengatakan HPV bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Virus papiloma manusia sendiri adalah virus yang menyerang kulit dan membran mukosa manusia serta hewan. Saat ini, lebih dari 100 jenis virus papiloma manusia telah diidentifikasikan.

Para peneliti menyatakan virus ini dapat menyebabkan kanker kepala dan leher pada seseorang. Mereka juga menyatakan risiko tersebut setidaknya mencapai tujuh kali lipat, sebagaimana dikutip dari NBC News, Minggu (28/2).

Dalam hasil penelitian yang ditulis di Journal of American Medical Association's JAMA Oncology, para peneliti bahkan menyatakan salah satu jenis dari virus ini, yakni HPV-16, bisa meningkatkan risiko terkena kanker sebesar 22 kali lipat.

Namun, para peneliti juga mengatakan virus ini dapat dicegah dengan vaksin. Selain itu, risiko tersebut juga dapat diketahui dengan cara melakukan tes obat kumur dengan dokter.

Tags :

#Kanker #HPV

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar