Hindari Penggunaan Obat-obatan Saat Hamil

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Hindari Penggunaan Obat-obatan Saat Hamil

Ilustrasi (Boldsky)

Minggu, 10 Juli 2016 | 21:10

Analisadaily - Dokter biasanya memberitahu kepada wanita untuk menghindari obat-obatan selama kehamilan, terutama sepanjang tiga bulan pertama. Hal ini karena obat dapat membahayakan janin.

Sebelum meresepkan obat apa pun, dokter akan melihat apakah kemungkinan bahaya dari minum obat yang lebih tinggi, dibandingkan dengan bahaya yang mungkin tidak memperlakukan penyakit yang diderita wanita saat hamil.

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah obat yang diberikan kepada wanita hamil saat sakit aman untuk bayi. Sebab, sepereti dilansir dari Boldsky, Minggu (10/7), kebanyakan obat-obatan tidak dipelajari dalam kaitannya dengan wanita yang sedang hamil, karena para ilmuwan khawatir tentang bagaimana obat dapat mempengaruhi anak.

Disarankan, jika Anda sedang merencanakan kehamilan, berbicaralah dengan dokter tentang obat-obatan yang biasa digunakan saat Anda sakit, karena obat sangat mungkin menyebabkan cacat lahir pada anak.

Ada obat tertentu yang tidak boleh diambil oleh wanita yang sedang hamil atau yang akan hamil. Salah satunya adalah obat yang digunakan untuk mengontrol kejang, seperti asam valproik, dan yang lainnya adalah alprazolam, diazepam serta beberapa obat lain yang digunakan untuk mengobati kecemasan.

Selain obat-obatan tersebut, beberapa obat lainnya seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen juga harus dihindari saat Anda sedang hamil. Hal itu demi kebaikan Anda dan janin yang sedang Anda kandung.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar