Hati-Hati Saat Kolam Renang Terinfeksi Diare

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Hati-Hati Saat Kolam Renang Terinfeksi Diare

Ilustrasi (Huffingtonpost)

Jumat, 22 Juni 2018 | 14:08

Analisadaily - Parasit dalam kotoran manusia yang terkontaminasi adalah penyebab sebagian besar penyakit dari kolam renang. Ditambah lagi ketika anak secara tidak sengaja menelan air kotoran.

Lembaga Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat (CDC) mengumpulkan data dari 2000-2014 dan menemukan sepertiga dari wabah penyakit yang berkaitan dengan kolam terjadi di kolam renang hotel.

Sementara Lembaga Kesehatan Masyarakat Ontario telah melaporkan 360 kasus kriptosporidiosis pada tahun 2014 dengan tingkat insiden tertinggi pada anak-anak di bawah usia lima tahun.

"Kolam renang adalah sumber infeksi umum bagi anak-anak," kata juru bicara Lembaga Kesehatan Masyarakat Ontario, dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (22/6).

Sedangkan ratusan orang di North Battleford, Saskatchewan, Kanada, jatuh sakit setelah minum air yang terkontaminasi dengan cryptosporidium pada tahun 2001. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi wabah terkait kolam renang di wilayah Niagara Ontario dan di Surrey, B.C.

"Anak-anak mungkin paling terpengaruh oleh infeksi cryptosporidium karena mereka adalah pengguna kolam renang yang paling sering. Selanjutnya, anak-anak mungkin lebih rentan terhadap penyakit karena mereka umumnya cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah daripada orang dewasa," kata peneliti dari University of Guelph.

Cara menjaga anak agar tetap aman

Jangan biarkan anak-anak Anda berenang jika mereka mengalami diare. Tunggu setidaknya dua pekan setelah pulih. Sebab, anak yang terkena diare dapat mengembangkan penyakit ke anak yang lain. Periksa kadar klorin dalam air atau periksa PH air.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar