Hati-hati, Parasit Bisa Infeksi Mata

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Hati-hati, Parasit Bisa Infeksi Mata

Mata (Healt Magz)

Senin, 25 September 2017 | 12:40

Analisadaily - Seorang remaja asal Meksiko harus kehilangan penglihatan karena terinfeksi parasit pada matanya. Setelah tiga minggu sakit-sakitan, dia memeriksanya ke dokter, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Parasit yang hidup di mata remaja tersebut seekor cacing pipih. Parasit telah melubangi iris mata, sehingga tidak dapat disembuhkan lagi. Cacing sulit dilihat karena bisa masuk ke mata dan hanya sesekali timbul ke permukaan.

"Dia bahkan tidak dapat melihat jari-jari kami. Sebaliknya, remaja itu hanya bisa mendeteksi gerakan tangan dengan mata kanannya. Cacing telah melubangi iris mata. Ini kasus langka dan serius. Cacing bebas bergerak di sana,” kata Dr. Pablo Guzman-Salas, yang merawat pasien.

Selama operasi, para dokter melihat, cacing juga telah merusak retina. Dilaporkan dari Fox News, Senin (25/9), cacing berukuran sekitar 3 milimeter (0,12 inci) dan lebar 1 mm (0,04 inci). Cacing merupakan jenis Trematoda dan termasuk spesies dalam genus Schistosoma.

"Tidak umum bagi trematoda bisa menginfeksi mata. Apa pun jenis cacingnya sangat tidak mungkin menginfeksi mata. Kasus ini sangat jarang,” tambah dokter.

Orang bisa terinfeksi trematoda jika bersentuhan dengan makanan atau air yang mengandung telur cacing. Kasus terinfeksi cacing pada umumnya hanya terjadi pada usus. Cacing bisa menginfeksi bagian tubuh saat seseorang mengonsumsi makanan tidak sehat atau makanan setengah matang.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar