Gejala Celiac Pada Anak Lebih Mudah Disembuhkan

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Gejala Celiac Pada Anak Lebih Mudah Disembuhkan

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 16 Juni 2017 | 09:00

Analisadaily - Penyakit celiac adalah gangguan autoimun yang dipicu oleh konsumsi protein gluten dalam gandum.

Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition menyebut, gejala celiac cukup beragam, mulai dari diare, sakit perut, kembung, nyeri sendi atau otot, ketidaksuburan hingga mati rasa.

Celiac bisa terjadi pada siapa saja tanpa melihat batasan umur, termasuk anak-anak. Setelah meneliti selama 13 tahun, ilmuwan dari University of Chicago, Amerika Serikat, mengetahui gejala celiac lebih mudah disembuhkan pada anak-anak dibandingkan orang tua.

"Tingkat perbaikan lebih cepat dan lebih tinggi pada anak-anak yang terkena penyakit celiac dan manifestasi intestinal lebih banyak pada anak dibandingkan dengan orang dewasa," kata salah seorang peneliti, Dr. Hilary Jericho, dilansir dari Fox News, Jumat (16/6).

Orang dewasa paling sering mengalami diare, kembung dan sakit perut, disertai anemia, kelelahan, sakit kepala dan masalah mental.

Dr. Runa D. Watkins dari University of Maryland School of Medicine mengatakan, penting bagi pasien celiac untuk menjalankan diet bebas gluten karena hanya cara ini yang bisa menjadi penawar celiac di bidang medis.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar