Flu Tingkatkan Risiko Serangan Jantung Bagi Pasien Lanjut Usia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Flu Tingkatkan Risiko Serangan Jantung Bagi Pasien Lanjut Usia

Flu (Health Line)

Jumat, 26 Januari 2018 | 14:35

Analisadaily - New England Journal of Medicine mencatat adanya hubungan antara flu dan meningkatnya risiko masalah jantung pada pasien yang lebih tua.

Peneliti mengatakan, pasien flu yang sudah lanjut usia berisiko terkena serangan jantung enam kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang masih muda.

Dari 332 pasien, 20 pasien mengalami serangan jantung dalam waktu seminggu setelah terkena flu dan enam di antaranya meninggal dunia.

"Risiko meningkat hanya di minggu pertama," kata peneliti utama, Dr. Jeffrey Kwong dari Institute for Clinical Evaluative Sciences di Toronto.

Hubungan umum antara risiko jantung dan flu bukanlah hal baru. Flu bisa menyebabkan pembengkakan di arteri koroner yang bisa melepaskan plak dan memicu penyumbatan aliran darah.

Strain flu dan infeksi virus pada umumnya menyerang hati yang sudah lemah. Dilansir dari Fox News, Jumat (26/1) infeksi paru-paru membuat orang sulit bernafas, sehingga jantung harus memompa lebih keras untuk mengeluarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar