FDA Awasi Ketat Penggunaan Alat Kontrasepsi Jenis Implan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

FDA Awasi Ketat Penggunaan Alat Kontrasepsi Jenis Implan

Bayer merupakan perusahaan pembuat alat kontrasepsi implan (Fox News)

Kamis, 12 April 2018 | 14:06

Analisadaily - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), terus mengawasi alat kontrasepsi jenis implan bagi penggunanya. Hal ini dilakukan setelah banyak pasien yang mengalami masalah setelah menggunakan implan.

Laporan kasus yang diterima FDA mencakup rasa sakit, pendarahan, reaksi alergi dan kasus implan menusuk rahim atau keluar dari tempatnya. Setidaknya, tahun lalu ada 12 ribu kasus mengenai implan di AS.

FDA meminta dokter agar benar-benar memberikan informasi tentang implan yang dibuat oleh perusahaan Bayer. Kemudian wanita yang ingin menggunakannya juga harus membaca dan menandatangani surat yang telah disediakan. Begitu pula dengan dokter yang menanganinya. Ada syarat dan dokumen yang harus ditandatangani.

Persyaratan baru ini muncul setelah hampir dua tahun masalah implan terus meningkat. Ke depannya FDA akan melakukan penelitian ketat tentang keamanan perangkat tersebut.

"Meskipun upaya sebelumnya untuk mengurangi komplikasi pada wanita telah dilakukan, beberapa pasien masih belum menerima informasi penting ini. Implan terus diperbaharui untuk memenuhi standar kami demi jaminan keamanan dan efektivitas yang wajar," kata Komisaris FDA, Scott Gottlieb, dilansir dari Fox News, Kamis (12/4).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar