Faktor Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

Penulis: Reza Perdana

Faktor Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

Ilustrasi (Pixabay)

Selasa, 11 Juni 2019 | 12:18

Analisadaily - Kanker serviks adalah paling umum ketiga di antara wanita di dunia. Kanker ini juga merupakan penyebab kematian paling sering kedua. Bagi wanita di negara-negara berkembang, kanker jenis ini sering menjadi penyebab paling umum kematian.

Dilansir dari Asia One, Selasa (11/6), berikut faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. HPV

Faktor risiko yang paling umum dan terkenal untuk kanker serviks adalah human papillomavirus, juga dikenal sebagai HPV. Ini menginfeksi sekitar 80 persen orang yang aktif secara seksual.

Dengan setidaknya 200 jenis HPV, beberapa memiliki risiko tinggi untuk kanker serviks karena sebagian besar waktu tubuh membersihkan infeksi dengan sendirinya. Namun, ada beberapa contoh yang membuat tubuh tidak dapat membersihkan infeksi.

"Sangat jarang menemukan kanker serviks yang tidak berhubungan dengan HPV," kata Robert DeBernardo, ahli onkologi ginekologi di Klinik Cleveland di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

2. Pil pengendali kelahiran

Para peneliti percaya, hormon seperti estrogen dan progesteron yang ditemukan dalam pil KB membuat sel serviks lebih rentan terhadap infeksi HPV. Setidaknya 24 penelitian telah menunjukkan, menggunakan kontrasepsi oral selama lima tahun atau lebih dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker serviks.

3. Merokok

Merokok sudah memiliki beragam masalah, mulai dari meningkatkan risiko kanker paru-paru dan masalah dengan kehamilan, merokok juga memiliki risiko mengembangkan kanker serviks. Karsinogen rokok membuat sistem kekebalan tubuh lebih rentan, sehingga tidak dapat melawan infeksi HPV, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker serviks.

4. Sitem imun lemah

Sistem kekebalan sangat penting dalam melawan infeksi HPV. Itu adalah alasan mengapa tubuh dapat membersihkan sebagian besar infeksi HPV dengan sendirinya. Tetapi sistem kekebalan yang lemah tidak akan mampu menjalankan fungsinya secara optimal.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh dapat memperlambat dan menghancurkan penyebaran sel kanker, dan orang dengan masalah HIV atau AID rentan terhadap segala bentuk kanker, termasuk kanker serviks.

5. Sejarah seksual

Wanita dalam hubungan poligami dan yang memiliki banyak pasangan seksual dapat meningkatkan risiko HPV.

Menurut penelitian oleh klinik Cleveland, wanita yang berhubungan seks sebelum usia 16 tahun memiliki peluang lebih besar terkena kanker serviks.

6. Diet tidak sehat

Studi telah menunjukkan, pola diet dapat dikaitkan dengan kanker serviks. Wanita dengan pendapatan lebih rendah memiliki risiko kanker serviks yang lebih tinggi, karena mereka tidak terpapar makanan sehat selama masa hidup mereka.

Diet terbaik untuk mengurangi risiko kanker serviks adalah diet seimbang dengan buah dan sayuran.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar