Fakta Seputar Kontrasepsi IUD (Part 1)

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Triansari Prahara

Fakta Seputar Kontrasepsi IUD (Part 1)

IUD (FoxNews)

Rabu, 26 Agustus 2015 | 20:52

Analisadaily - Ada banyak mitologi sekitar IUD, dimana beberapa wanita kebanyakan menggunakan ini sesudah memiliki anak. Dilansir Huffingtonpost, beberapa cerita terkait penggunaan IUD serta pemasangannya cukup menyakitkan, dan ukuran tersebut belum tentu memiliki kecocokan terhadap wanita.

Beberapa mitos terkait dengan penggunaan IUD, antara lain :

1. Menggunakan IUD sebelum punya Anak tidak menjadi masalah

Hal tersebut salah, justeru IUD direkomendasikan sebagai garis pertahanan pertama untuk remaja yang aktif secara seksual, terutama karena IUD aman dan sangat efektif. 

"Siapa saja yang matang secara seksual, siapa saja yang melalui masa pubertas, dapat menggunakan IUD," kata Amy Bryant, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di University of North Carolina.

2. Memasang IUD sangat menyakitkan

Setiap wanita memiliki toleransi sakit yang berbeda, yang menjelaskan mengapa beberapa wanita mengaku saat pemasangat IUD adalah saat paling menyakitkan. Sementara beberapa wanita lainnya mengaku bahwa proses pemasangan IUD menyenangkan.

"Rasanya seperti kram saat menstruasi. Untuk beberapa wanita, mereka mengalami yang benar-benar parah, dan bagi perempuan lain itu benar-benar cukup ringan," kata Bryant.

Dalam kasus apapun, Bryant merekomendasikan ada baiknya pemasangan IUD ini didiskusikan dengan dokter Anda terkait rasa sakit Anda sebelum Anda dipasangkan IUD. Ia juga mengatakan bahwa IUD adalah solusi yang baik untuk mengontrol kelahiran.

"Saya ingin mengatakan bahwa pemasangan hanya lima menit, dan ini akan tahan selama 5 tahun serta sebagai kontrol kelahiran yang sangat baik."

Tags :

#Mitos #IUD

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar