Fakta dan Manfaat Air Kelapa

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Fakta dan Manfaat Air Kelapa

Kelapa (BBC)

Rabu, 9 Agustus 2017 | 14:22

Analisadaily - Air kelapa muda banyak disukai orang karena rasanya yang segar. Bukan hanya segar, air kelapa tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Secara rasa dan gizi, air kelapa berbeda dengan santan dan minyak kelapa.

Air kelapa memiliki sedikit gula dan rendah kalori dibandingkan jus, minuman ringan dan minuman untuk olahraga. Artinya, air kelapa cepat terserap ke dalam aliran darah. Air kelapa mengandung beberapa vitamin C. Dalam porsi 100ml air kelapa mengandung 25mg vitamin C.

Air kelapa juga mengandung beberapa potasium, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi tulang dan otot yang baik. Air kelapa juga banyak disebut-sebut sebagai minuman yang dapat menurunkan berat badan. Benarkah? Beberapa fakta tentang air kelapa dapat diungkap di sini.

Air kelapa menurunkan berat badan?

Air kelapa adalah minuman yang relatif rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda manis atau jus, tapi tidak bebas kalori seperti air biasa. Air kelapa meningkatkan metabolisme dan dapat menurunkan berat badan belum didukung banyak oleh penelitian. Masih ada sedikit bukti yang mendukung air kelapa dapat menurunkan berat badan.

Bisakah air kelapa meningkatkan performa atletik?

Atlet disarankan agar mengonsumsi air kelapa setelah berolahraga untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja atletik. Ini karena mengandung karbohidrat berupa glukosa (gula sederhana) dan elektrolit sodium, serta kalium, yakni komponen penting untuk mengembalikan cairan setelah berolahraga.

Peneliti menyebutkan, air kelapa membantu mengembalikan dehidrasi dengan cara yang sama, dengan minuman olahraga elektrolit-elektrolit. Namun, seperti dilansir dari BBC, Rabu (9/8), tidak memiliki dampak signifikan pada hasil olahraga.

Tidak ditemukan perbedaan signifikan saat seorang atlet mengonsumsi air putih biasa dan air kelapa untuk performa selama berolahraga. Air kelapa hanya dijelaskan sebagai mengganti ion tubuh dengan cepat.

Untuk menurunkan tekanan darah?

Air kelapa diklaim sebagai minuman sehat jantung karena kandungan kaliumnya. Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dengan menangkal efek sodium yang bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Namun, ada banyak buah dan sayuran yang mengandung potasium tinggi yang juga mengandung serat, vitamin dan mineral. Makanan kaya potasium termasuk pisang, aprikot, sayuran berdaun hijau dan buah jeruk.

Sebaiknya, menurunkan tekanan darah juga dibarengi dengan mengonsumsi buah dan sayur seimbang.

Membantu menurunkan kolesterol?

Beberapa penelitian kecil yang dilakukan pada tikus menunjukkan, minum air kelapa bisa menurunkan kolesterol. Namun, bukti pada manusia belum diketahui secara lengkap. Faktor gaya hidup, seperti makan-makanan seimbang, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok dan aktivitas olahraga lebih cenderung memberikan dampak untuk mengurangi kadar kolesterol.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar