Enam Cara Mudah Detoks Tubuh (I)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Enam Cara Mudah Detoks Tubuh (I)

Ilustrasi (Dr Krafitz)

Minggu, 15 Mei 2016 | 08:20

Analisadaily - Ditengah kehidupan modern dengan makanan serba fast food dan masalah kurangnya waktu untuk berolahraga karena bekerja, setidaknya kita masih harus memikirkan masalah kesehatan.

Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan cara detoks tubuh. Ada enam cara mudah yang bisa Anda lakukan tanpa perlu waktu dan dana yang banyak. Berikut penjelasannya menurut Foxnews, Minggu (15/5):

Minum perasan air lemon

Bangun di pagi hari alangkah baiknya dibarengi dengan minum segelas perasan air lemon. Perasan air lemon memberikan tubuh elektrolit hydrating dalam bentuk kalium, kalsium, dan magnesium mengingat tubuh semalaman mengalami dehidrasi karena proses detoksifikasi.

Jus lemon juga membantu hati menghasilkan lebih banyak enzim, yang membantu pencernaan dan mendorong hati untuk membersihkan racun. Vitamin C dalam air perasan lemon mampu memberikan antioksidan kuat, melindungi terhadap radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berlatih yoga

Proses detoks dengan merangsang pencernaan dan eliminasi bisa dilakukan dengan berlatih yoga karena banyak masalah pencernaan berasal dari stres.

“Dengan melepaskan stres lewat mengambil napas dalam-dalam yang menenangkan, kita dapat mengendurkan otot-otot dan diafragma yang memungkinkan sistem tubuh melakukan pekerjaan yang lebih baik,” kata Dr. Frank Lipman, pemilik dan direktur dari Be Well.

Konsumsi sayuran

Mengurangi peradangan kronis kerap kali dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Makan makanan kaya sulfur, seperti bawang merah, bawang putih, dan sayuran, termasuk brokoli, kale, collard hijau, kubis brussel, kol, dan kembang kol bisa membantu mengurangi peradangan.

"Makanan ini tinggi antioksidan yang mendukung kemampuan tubuh untuk melawan racun," kata Lipman.

Sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan, wanita yang makan sayuran mengurangi peradangan substansial daripada mereka yang hanya sedikit makan sayur.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar