Duduk Lama Tidak Selalu Kembangkan Sakit Jantung

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Duduk Lama Tidak Selalu Kembangkan Sakit Jantung

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 21 Juli 2016 | 09:59

Analisadaily - Ada persepsi yang menyatakan, duduk terlalu lama dapat mengembangkan penyakit jantung. Namun berdasarkan analisis dan penelitian terbaru, duduk yang mempengaruhi perkembangan jantung harus didasarkan pada lamanya seseorang duduk.

Seseorang yang duduk lebih dari 10 jam per hari berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke. Mereka yang duduk di atas 10 jam per hari bisa mengembangkan penyakit jantung hingga 8% dibanding mereka yang hanya duduk tidak lebih dari tiga jam.

"Temuan kami menunjukkan, duduk terlalu lama kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan faktor risiko potensial lainnya seperti indeks massa tubuh dan aktivitas fisik," kata peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center, Dr. Ambarish Pandey.

Namun masih belum diketahui waktu yang aman bagi seseorang untuk duduk diam dan bisa terhindar dari penyakit mematikan tersebut. Risiko hanya mulai meningkat setelah duduk lebih dari 10 jam.

"Ada literatur sebelumnya yang menunjukkan, waktu menetap lebih rendah dikaitkan dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang lebih tinggi sebagai bentuk dasar. Tetap aktif dan berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," tambah peneliti lainnya, Yeonju Kim, dilansir dari Fox News, Kamis (21/7).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar