Dua Gelas Kopi Sehari Bantu Hidup Lebih Lama

Penulis: Reza Perdana

Dua Gelas Kopi Sehari Bantu Hidup Lebih Lama

Ilustrasi (Pixabay)

Senin, 20 Mei 2019 | 17:59

Analisadaily – Kabar baik bagi Anda penikmat maupun penyuka kopi. Menurut meta-analisis baru, yang menunjukkan bahwa minum hanya dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Dilansir dari Asia One, Senin (20/5), selama bertahun-tahun para ilmuwan telah mempelajari efek positif dan negatif dari kafein pada tubuh.

Sebuah meta-analisis 2017, yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ), menemukan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dan mengembangkan penyakit jantung dibandingkan dengan tidak minum kopi sama sekali.

Minum kopi juga dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa kanker, diabetes, penyakit hati dan demensia.

Meta-analisis terbaru ini, yang diterbitkan dalam The European Journal of Epidemiology, memiliki temuan serupa. Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis 40 studi sebelumnya yang mengeksplorasi hubungan antara kopi dan kematian, termasuk total 3.852.651 peserta dan 450.256 penyebab kematian.

"Karena faktor penuaan, obesitas dan gaya hidup mempengaruhi risiko kematian, hubungan antara kopi dan kematian perlu diperiksa di berbagai subpopulasi berdasarkan karakteristik subjek," penulis penelitian menjelaskan.

Konsumsi kopi moderat dua hingga empat cangkir per hari dikaitkan dengan penurunan mortalitas dibandingkan tanpa konsumsi kopi. Studi ini juga menemukan bahwa hubungan antara kopi dan kematian lebih kuat di Eropa dan Asia daripada di AS.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar