‘Dry Shampoo’ Bisa Buat Kebotakan?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

‘Dry Shampoo’ Bisa Buat Kebotakan?

Ilustrasi (Fox News)

Rabu, 13 April 2016 | 17:05

Analisadaily - Sampo kering, styling produk rambut yang membersihkan rambut tanpa air, atau biasa disebut dengan dry shampoo semakin membuat banyak yang menggunakannya khawatir.

Kasus penggunaan sampo ini kembali menyita perhatian dari seorang wanita Irlandia yang menyatakan mengalami kebotakan.

Nicole Baxter dari Belfast, Irlandia, mengatakan penggunaan rutin sampo kering, membuat kulit kepalanya gatal, bersisik dan akhirnya menyebabkan kebotakan. Dia mengatakan masalah ini di Facebook dan telah dibagikan lebih dari 30.000 kali.

"Sampo ini tidak layak. Sungguh mengerikan. Saya terjebak dengan di sisi kepala yang dapat mengeringkan rambut dan mengalami kebotakan," kata Baxter, seperti dilansir dari Fox News, Rabu (13/4).

Di sisi lain, spesialis kulit menentang pernyataan Baxter. Bahan sampo yang disebut triangular alopecia dinyatakan aman bagi kebanyakan orang.

"Ini bukan triangular alopecia seperti yang ditakuti. Bahan ini tidak berkaitan dengan gatal, mengelupas atau luka pada kulit kepala," kata profesor Robert Sinclair dari Sinclair Dermatology di Melborne.

Menurut Sinclair, Baxter mengalami kebotakan, gatal dan masalah kulit kepala lainnya karena dia alergi terhadap bahan dalam sampo kering, alopecia inflamasi, atau alopecia areata.

Dr. Hanna Kuchel, seorang dokter kulit di Rumah Sakit Kulit Darlinghurst, New South Wales, bertanya, apakah Baxter telah mengecat rambutnya. Sebab, mengecat rambut menjadi penyebab umum alergi dan rontok.

Sinclair memberikan saran kepada Baxter untuk menguji sampu terlebih dahulu di lengannya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar