Dokter Umum Garda Terdepan Layani Masyarakat

Dokter Umum Garda Terdepan Layani Masyarakat

Ketua PDUI Sumatera Utara dan Bid Dokkes Polda Sumut.

(jw/rzd)

Sabtu, 2 Maret 2019 | 19:19

Analisadaily (Medan) - Untuk meng-update ilmu kedokteran bagi dokter umum, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara.

Ketua PDUI Sumatera Utara, dr. Dedy Irawan Nasution mengatakan, kegiatan ini merupakan program pihaknya yang dilaksanakan sesuai kebutuhan, agar keilmuan dokter umum terus ter-update.

"Penandatanganan MOU dengan pihak Polda Sumut, dalam hal bagaimana dokter umum bisa nyaman dalam update keilmuan, tujuan agar bisa melayani secara prima," katanya dalam ‘Seminar Emergency Update’, Sabtu (2/3).

dr. Dedi menjelaskan, pelaksanaan kegiatan itu sesuai kebutuhan untuk menjawab permasalahan dokter umum, sehingga dokter umum menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan dengan menjunjung tinggi etika kedokteran dan prosedur.

"Saya mengharapkan, terjalinnya kerja sama dengan kepolisian ini berbagai permasalahan yang dialami dokter ketika ada mempermasalahkan misalnya, tidak cepat-cepat berurusan dengan kepolisian," jelasnya.

"Contohnya, secara hukum ketika kita menciderai tubuh manusia itu sudah melanggar, pidana. Tapi, bagi dokter umum suatu tindakan untuk menyelamatkan nyawa. Jadi, tindakan emergency dari UGD di pelayanan primer itu diharapkan bisa didukung penuh," ungkap dr. Dedi.

Bagi dr. Dedi, seorang dokter itu harus menjalankan profesionalisme secara ilmiah. Disebutkan, dokter harus mengedepankan kemampuan pelayan kepada masyarakat.

"Kekuatan dari kita adalah keilmuan dan keilmiahan profesi yang ditekuni, sumber dari profesi itu etika yang muncul dari diri sendiri" ucapnya.

Kapolda Sumut, diwakili Bid Dokkes Polda Sumut, Kombes Pol dr Sahat Harianja, mengharapkan kompetensi dokter umum harus tetap tampil dalam memberikan pelayanan.

"Karena masih terdapat berbagai persoalan yang dialami masyarakat terhadap pelayanan dari kesehatan saat ini," tambahnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar