Dokter Gunakan Kulit Ikan Obati Luka Bakar

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Dokter Gunakan Kulit Ikan Obati Luka Bakar

Luka bakar yang diobati dengan kulit ikan nila (Fox News)

Minggu, 28 Mei 2017 | 11:07

Analisadaily - Dokter di Brasil sedang bereksperimen dengan pengobatan baru untuk luka bakar parah dengan menggunakan kulit ikan nila. Tindakan ini diklaim dapat mengurangi rasa sakit dari penderita dan mengurangi biaya pengobatan.

Tindakan ini bermula setelah salah satu rumah sakit di Brasil kekurangan persediaan kulit manusia untuk menolong seorang bayi. Nila berlimpah di sungai Brasil dan peternakan ikan.

Para ilmuwan di Universitas Federal Ceara menyatakan, kulit nila memiliki kelembaban, kolagen dan ketahanan terhadap penyakit pada tingkat yang sebanding dengan kulit manusia.

Tidak hanya itu, dilansir dari Fox News, Minggu (28/5), kulit ikan nila juga dapat membantu penyembuhan. Ini merupakan percobaan pertama yang dilakukan pada manusia.

"Penggunaan kulit nila pada luka bakar belum pernah terjadi sebelumnya. Kulit ikan biasanya dibuang, jadi kami menggunakan produk ini untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat secara sosial," kata Odorico de Morais, seorang profesor di Universitas Ceara.

"Kulit nila dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit. Kemudian kulit ikan nila memiliki kadar kolagen tipe 1 yang tinggi, tetap lembab lebih lama dari kain kasa, dan tidak perlu sering diganti," tambah Morais.

Teknisi laboratorium mensterilisasi kulit ikan dengan berbagai cara dan mengirimkannya ke São Paulo untuk iradiasi agar virus di dalam kulit mati. Kemudian kulit ikan didinginkan pada suhu yang telah ditentukan.

Setelah dibersihkan dan disterilisasi, kulit ikan dapat bertahan selama dua tahun. Dalam uji coba medis, terapi alternatif kulit ikan nila telah digunakan pada 56 pasien untuk mengobati luka bakar tingkat dua dan tiga.  

Cara penggunaannya, kulit nila langsung ditutupkan ke daerah yang terbakar, tanpa perlu obat lainnya. Setelah 10 hari, dokter melepas kulitnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar