Ditemukan Penyakit Seksual Baru yang Resisten Antibiotik

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Ditemukan Penyakit Seksual Baru yang Resisten Antibiotik

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 13 Juli 2018 | 13:32

Analisadaily - Penyakit seksual yang jarang diketahui dan kadang-kadang tanpa gejala menjadi masalah berikutnya.

Disebut Mycoplasma genitalium, atau MG, adalah bakteri menular secara seksual yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan, pada akhirnya dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar.

Gejala MG bisa mirip dengan gonore dan klamidia. Namun, lebih sering tidak ada tanda-tanda infeksi sama sekali.

Artinya, orang yang menderita penyakit MG sering sekali tidak menyadarinya, hingga masalah kesehatan yang lebih besar muncul.

MG pertama kali ditemukan pada awal 1980-an dan menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom. Saat ini, kasus lebih bersar terjadi karena MG sudah berkembang dan resistensi terhadap antibiotik.

"Ini tidak menyembuhkan infeksi dan menyebabkan resistensi antimikroba pada pasien MG," kata Dr Paddy Horner, seperti laporan dari Fox News, Jumat (13/07).

“Jika praktik tidak berubah dan tes tidak digunakan, MG memiliki potensi untuk menjadi superbug dalam satu dekade, tahan terhadap antibiotik standar."

Pada wanita, MG dapat menyebabkan sensasi terbakar ketika kencing dan nyeri atau pendarahan selama dan setelah berhubungan seks.

Sedangkan pada Pria membuat sperma rusak. Centers for Disease Control and Prevention menyebut masalah ini menjadi masalah baru.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar