Disfungsi Tiroid Bisa Sebabkan Keguguran

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Disfungsi Tiroid Bisa Sebabkan Keguguran

Ilustrasi (Fox News)

Rabu, 4 Januari 2017 | 11:31

Analisadaily - Data terbaru menunjukkan 10 sampai 15 persen kehamilan berakhir dengan keguguran. Dan sekiranya ada banyak faktor keguguran itu sendiri. Para ahli memperingatkan, salah satunya karena disfungsi tiroid. Setidaknya, tiga persen wanita hamil mengalami keguguran karena hipotiroidisme atau tiroid yang tidak terlalu aktif.

Sedangkan jenis tiroid autoimun merupakan gangguan autoimun yang paling umum pada wanita usia subur dan mempengaruhi antara 5 sampai 15 persen wanita. Disfungsi tiroid berkembang ketika sistem kekebalan tubuh menargetkan protein thyroid spesifik. Hal ini terbukti meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran gagal serta kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

"Kami tidak tahu persis berapa banyak wanita akan mengalami keguguran karena tiroid tidak aktif, tapi ini signifikan," kata Dr Prudence Hall, pendiri The Hall Center di Santa Monica, California, seperti laporan dari Fox News, Rabu (4/1).

Terlebih lagi, wanita dengan hipotiroidisme yang mengambil terapi penggantian hormon tiroid dan yang memiliki thyroid-stimulating hormone (TSH) tingkat sekitar 2.5mU / L pada awal kehamilan memiliki risiko keguguran lebih tinggi.

Pihak kesehatan menganjurkan setiap wanita membutuhkan 5 hingga 10 miligram yodium sebelum dan selama kehamilan. Disfungsi tiroid juga bisa karena keracunan logam berat, infeksi, sindrom usus bocor atau sensitivitas gluten.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar