Dinkes Medan: Tidak Ada Pasien Terkena Flu Singapura

Dinkes Medan: Tidak Ada Pasien Terkena Flu Singapura

Dugaan terdampak Flu Singapura, Jumat (12/7)

(jw/csp)

Jumat, 12 Juli 2019 | 16:59

Analisadaily (Medan) - Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Medan, dr Mutia mengatakan, sudah berkoordinasi dengan provinsi untuk menelusuri penyakit flu Singapura yang terjadi di Kota Medan.

"Kita mendapatkan informasi, kejadian itu terjadi di Kecamatan Medan Johor. Kita pun langsung turun untuk mengecek kebenarannya," kata Mutia kepada Analisadaily.com, Kamis (12/7).

"Kami sudah telusuri, enggak ada ditemukan pasiennya. Maka itu, penelusuran kita hentikan dulu. Jika ada, pihak kita langsung turun ke lapangan untuk mengeceknya," sambungnya.

Menurut Mutia, mereka akan kembali menenelusuri jika benar kasusnya ditemukan. "Meski nihil, kami akan terus melakukan pemantauan," ucapnya.

Masih kata Mutia, sejauh ini pihaknya juga belum bisa membenarkan kabar yang menyatakan masyarakat terserang positif penyakit tersebut. Sebab, fasilitas kesehatan seperti di Kecamatan Medan Johor tidak ada memegang data rekam medik pasien yang diduga terjangkit.

"Kalau berobat di klinik, Puskesmas atau rumah sakit, tentu ada rekam mediknya," ujarnya.

Bisa saja, lanjutnya, penyakit yang dikabarkan menyerang sejumlah balita itu bukan penyakit Flu Singapura, tapi gejalanya menyerupai. "Perlu diagnosa, dan itu harus didukung penunjang laboratorium. Tidak bisa sembarangan mengatakan itu adalah Flu Singapura," tegasnya.

Meskipun flu Singapura itu tidak dapat dipastikan, maka masyarakat diharap terus menjaga kebersihan. Apabila ada gejala sepert lemas, radang tenggorokan, demam, bagian pipi merah dan kalau anak-anak rewel agar segera berobat.

"Kalau berobat ke faskes rekam mediknya tercatat dengan benar. Tapi yang terpenting adalah teruslah menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit," imbaunya.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar