Diet Rendah Kalori Dapat Sembuhkan Diabetes

Penulis: Prima Sandova Sitanggang | Editor: Ria Situmorang

Diet Rendah Kalori Dapat Sembuhkan Diabetes

Ilustrasi (Express)

Selasa, 22 Maret 2016 | 17:43

Analisadaily – Peneliti dari Newcastle University baru-baru ini mengemukakan, diabetes tipe 2 ternyata dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori.

Menurut peneliti, penderita diabetes dapat terhindari dari bahaya penyakit ini dikemudian hari jika memangkas asupan kalori mereka.

Metode ini nyatanya juga bisa berhasil diberlakukan pada pasien diabetes yang sudah mengidap penyakit ini selama 10 tahun.

Para peneliti mengatakan, masalah diabetes tidak disebabkan oleh obesitas saja, tetapi juga karena ketidakmampuan tubuh untuk mengatasi kelebihan lemak yang disebabkan tingginya kalori.

Dilansir dari Express, Selasa (22/3), temuan ini sudah diteliti dengan melibatkan 30 pasien diabetes tipe 2. Para peneliti kemudian meminta agar para peserta tersebut menjalani diet kalori selama delapan minggu.

Hasilnya rata-rata peserta mengalami penurunan berat badan hingga 14 kilogram selama enam bulan.

18 peserta juga menunjukkan perbaikan kesehatan, dimana mereka berhasil menghilangkan lemak di bagian pankreasnya, sehingga produksi insulin mereka kembali normal.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini diharapkan bisa membantu para pasien diabetes yang mengalami masalah dengan obat atau suntikan tradisional.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar