Diabetes Terkait Penyakit Ginjal

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Diabetes Terkait Penyakit Ginjal

Ginjal (BBC)

Senin, 24 April 2017 | 13:19

Analisadaily - Para ilmuwan Edinburgh mengidentifikasi molekul penderita penyakit ginjal yang terkait diabetes. Peneliti menemukan, penderita diabetes menyebabkan pemblokiran protein dan meningkatkan kerusakan ginjal.

Sebab, diabetes menghasilkan kadar gula darah yang tinggi dan mempengaruhi 415 juta orang di seluruh dunia. Ini adalah penyebab utama gagal ginjal. Sekitar 40 persen penderita diabetes akhirnya mengalami penyakit ginjal.

Protein yang disebut P2X7R berperan penting dalam peradangan dan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi P2X7R yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi ginjal yang semakin buruk dan jaringan parut meningkat.

Sekretaris British Heart Foundation di Universitas Edinburgh, Dr Robert Menzies mengatakan, penyakit ginjal berpengaruh dari diabetes dan mereka sedang mencari obat efektif untuk membantu pasien.

"Penelitian ini merupakan kemajuan besar dalam memahami bagaimana kerusakan ginjal terjadi pada penderita diabetes. Kami dapat fokus untuk menemukan pengobatan," kata Menzies, seperti dilansir dari BBC, Senin (24/4). 

"Penelitian kami selanjutnya dirancang untuk menentukan apakah obat P2X7R, yang sudah diketahui aman pada manusia, dapat membuat kerusakan ginjal lebih parah atau bahkan mencegahnya. Studi ini merupakan langkah yang sangat menggembirakan," tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar