Di Laramie, Wabah Baru Menginfeksi Kucing

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Di Laramie, Wabah Baru Menginfeksi Kucing

Kucing (Fox News)

Rabu, 9 Januari 2019 | 11:47

Analisadaily - Seekor kucing di Kaycee, Wyoming, terinfeksi wabah yang belum dikenal. Infeksi bakteri diklaim berpotensi mematikan. Wyoming State Veterinary Laboratory di Laramie pun memberikan penjelasan tentang wabah tersebut.

Menurut Wyoming State Veterinary Laboratory, kucing yang terkena wabah adalah kucing liar dan menjadi kucing ketiga di Wyoming dalam enam bulan terakhir yang terinfeksi wabah. Dua kasus lainnya dikonfirmasi di kabupaten Sheridan dan Campbell.

Wabah sejauh ini masih disebut ‘wabah hitam’ menginfeksi kucing melalui bakteri yang dikenal sebagai Yersinia pestis.

"Bakteri ini ditemukan pada hewan di seluruh dunia dan biasanya ditularkan ke manusia melalui kutu," kata Wyoming State Veterinary Laboratory dilansir dari Fox News, Rabu (9/1).

Meskipun jarang, wabah dapat mempengaruhi hewan dan manusia secara. Sejak 1978, enam manusia di Wyoming telah terpapar penyakit tersebut. Kasus paling baru terjadi pada tahun 2008.

"Wabah adalah infeksi bakteri serius yang dapat mematikan bagi hewan peliharaan dan manusia jika tidak dirawat secepat mungkin dengan antibiotik," kata Alexia Harrist, pihak kesehatan negara dan ahli epidemiologi di Departemen Kesehatan Wyoming.

“Penyakit ini dapat ditularkan ke manusia dari hewan yang sakit melalui kutu yang berasal dari hewan yang terinfeksi. Kami memberi tahu orang-orang tentang potensi ancaman di area yang sudah terinfeksi,” tambahnya.

Gejala-gejala wabah termasuk demam, kelelahan yang luar biasa, sakit kepala, kedinginan, muntah, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini biasanya terjadi di daerah dengan sanitasi buruk atau kepadatan penduduk.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar