Deteksi Kanker Dalam 20 Detik

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Deteksi Kanker Dalam 20 Detik

Ilustrasi (Medical News Today)

Rabu, 14 Maret 2018 | 11:51

Analisadaily - Bisa mendeteksi kanker dalam hitungan detik adalah hal yang didambakan setiap orang dan seluruh pihak kesehatan. Peneliti dari University of Texas di Austin menjelaskan, mimpi tersebut segera menjadi kenyataan.

Sebab, mereka sedang mengembangkan teknologi pendeteksi kanker dalam hitungan detik. Disebut Pena MasSpec, mampu mengidentifikasi jaringan kanker secara nyata, seperti dilansir dari Fox News, Rabu (14/3).

"MasSpec Pen adalah perangkat genggam yang digabungkan dengan spektrometer massa agar dapat mendiagnosis kanker dalam 20 detik," kata Marta Sans, asisten riset pascasarjana untuk Livia Eberlin Research Group.

Pena mendeteksi kanker dengan sentuhan ke kulit, dan kemudian dengan cepat membuat diagnosis. Pena akan melepaskan tetesan air yang mengeluarkan molekul dari jaringan. Air ditarik ke dalam spektrometer massa untukmenganalisa komposisi molekuler.

"Selama ini, cara mendeteksi kanker harus mengirimkan contoh darah pasien ke ahli patologi. Itu memakan waktu yang lama," kata Dr. Leonard Lichtenfeld, Wakil Kepala Petugas Medis untuk American Cancer Society. 

Pena MasSpec belum pernah diuji pada manusia. Selama beberapa bulan ke depan, tiga perangkat akan dipasang di rumah sakit Texas: Dell Medical School, MD Anderson Cancer Center dan Baylor College of Medicine.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar