Depresi Orangtua Berdampak Pada Anak

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Depresi Orangtua Berdampak Pada Anak

Ilustrasi (BBC)

Senin, 20 November 2017 | 13:24

Analisadaily - Depresi yang dialami seorang ayah atau ibu bisa berdampak pada anak-anaknya, meskipun ibu lebih sering menjadi orang yang fokus untuk merawat depresi pada remaja.

Laporan University College London (UCL) menyebut, 14.000 keluarga di Inggris dan Irlandia mengalami depresi yang berhubungan langsung pada anak.

Dr. Gemma Lewis dari UCL mengatakan, akibat ibu cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak, seringkali ada tradisi menyalahkan ibu saat anak mengalami masalah kesehatan, khususnya kesehatan mental.

Namun harus diingat, meski ayah tidak banyak berinteraksi dengan anak, ayah juga tidak menutup kemungkinan memberikan dampak depresi pada anak.

"Kami berharap temuan ini bisa mendorong pria yang mengalami depresi agar berbicara dengan dokter karena jika tidak diatasi dapat berdampak pada anak," kata Dr. Lewis, dilansir dari BBC, Senin (20/11).

Banyak masalah kesehatan mental pada anak, termasuk depresi yang dimulai sejak usia 13 tahun. Gejala depresi bisa menyerang orang tua karena kelelahan hingga pada akhirnya berujung pertengkaran.

"Anak-anak melihat cara orang tua berperilaku dan bertindak. Ini bisa membawa mereka ke cara berpikir negatif yang kemudian bisa menyebabkan depresi," sambung Dr. Lewis.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar