DeepMind Al Bisa Deteksi Cedera Ginjal Akut

Penulis: Christison Sondang Pane

DeepMind Al Bisa Deteksi Cedera Ginjal Akut

Ilustrasi (Ubergizmo)

Jumat, 2 Agustus 2019 | 09:21

Analisadaily - Berkat komputer yang dapat melakukan ribuan perhitungan dan dalam proses yang waktu singkat, telah membuat hidup jauh lebih efisien.

Hal ini juga berlaku di sektor medis, karena penggunaan Al berpotensi menyelamatkan nyawa karena dapat mengatasi penyakit dan penyakit sebelum seorang dokter manusia biasa dapat melakukannya.

Sebagai contoh, awal tahun ini, para peneliti di Google mengembangkan AI yang dapat mendeteksi kanker paru-paru secara lebih efisien, tetapi tampaknya mereka tidak berhenti di situ.

Dilansir dari Ubergizmo, Juat (2/8), DeepMind AI, yang dimiliki perusahaan induk Google Alphabet, telah mengembangkan suatu algoritma yang dapat mendeteksi Cedera Ginjal Akut (AKI) 48 jam sebelum itu terjadi, sehingga memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa.

AKI adalah bagian gagal ginjal yang tiba-tiba terjadi penumpukan produk limbah dalam darah Anda menyulitkan ginjal Anda untuk melakukan tugasnya, yang akhirnya memengaruhi organ-organ lain seperti otak, jantung, dan/atau paru-paru.

AI ini dikembangkan dalam kemitraan dengan Departemen Urusan Veteran AS. Berdasarkan tes awal model mereka, algoritma deteksi AKI mereka berhasil mengidentifikasi dengan benar 9 dari 10 pasien yang kondisinya memburuk ke titik di mana mereka membutuhkan dialisis.

Ini adalah masalah besar karena AKI dikatakan membunuh sekitar 500.000 orang di AS dan 100.000 di Inggris setiap tahun, biasanya karena itu tidak terdeteksi segera.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar