Darurat Vaksin Rabies Global

Penulis: Sagita Purnomo | Editor: Triansari Prahara

Darurat Vaksin Rabies Global

Ilustrasi (BBC News)

Minggu, 5 Juli 2015 | 15:23

Analisadaily – Meski teknologi kesehatan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, namun angka kematian akibat rabies belum dapat dikurangi dengan maksimal. Hampir setiap tahunnya lebih dari 60 ribu orang di berbagai belahan dunia meninggal akibat gigitan anjing tersebut.

Oleh karena itu, Global Alliance for Rabies Contro, mengatakan dunia saat ini perlu melakukan vaksin secara massal guna menekan angka kematian akibat rabies. Vaksin ini dimaksudkan untuk melindungi anjing dari virus tersebut sehingga tidak menularkannya kepada manusia.

Berdasarkan data peneliti, Asia dan Amerika masih mendominasi kematian akibat rabies dan 40 persen dari angka kematian itu, terjadi pada korban berusia di bawah 15 tahun.

“Kita harus mengesampingkan aspek ekonomi demi alasan kesehatan, biaya vaksin ini sebenarnya cukup terjangkau, berkisar 8 Pounds untuk melindungi sampai 20 ekor anjing selama satu tahun,” kata Carel du Marchie Sarvaas, dikutip dari BBC News.

“Cara paling efisien dalam menekan rabies ialah dengan memberikan vaksin kepada anjing secara rutin. Kami yakin dengan metode ini dapat menekan angka kematian akibat rabies hingga 70 persen.”

Tags :

#rabies #Vaksin

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar