Darah Mantan Pasien Ebola Dijadikan Vaksin

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Darah Mantan Pasien Ebola Dijadikan Vaksin

Virus Ebola (Fox News)

Selasa, 23 Mei 2017 | 09:46

Analisadaily - Wabah Ebola di Afrika Barat mencapai puncaknya antara bulan Agustus sampai September 2014 dengan menewaskan 11.310 orang.

Beberapa diantara pasien yang sempat terinfeksi Ebola akhirnya dinyatakan selamat. Mereka yang selamat justru membawa dampak positif.

Sebuah penelitian di Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa pasien yang selamat dari wabah Ebola di tahun 2014 menjadi jawaban dari obat Ebola. Sebab, darah mereka mengandung antibodi yang mampu mencegah Ebola pada manusia lainnya.

Darah mantan pengidap virus Ebola mengandung antibodi luar biasa yang mampu menghalangi lima strain Ebola sekaligus.

"Kami sudah mengidentifikasi beberapa antibodi mereka yang selamat dan telah menetralisirnya," kata seorang peneliti, Kartik Chandran, dilansir dari Fox News, Selasa (23/5).

Sejauh ini, obat untuk melawan Ebola disebut ZMapp yang hanya bisa mengobati orang dari strain Ebola Zaire. Sedangkan untuk jenis strain lain, obat tersebut tidak berpengaruh.

Ebola selalu mengalami mutasi saat berevolusi untuk mengembangkan cara yang lebih tepat dalam menghindari sistem kekebalan tubuh manusia.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar