Dampak Berbahaya Konsumsi Pil KB Palsu

Dampak Berbahaya Konsumsi Pil KB Palsu

Ilustrasi.

(aa/rzd)

Rabu, 21 Maret 2018 | 18:36

Analisadaily (Medan) - Belum lama ini Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan telah mengamankan ribuan obat palsu dari sejumlah apotek. Salah satu jenis obat palsu adalah pil KB.

Kepala BBPOM di Medan, Yulius Sacramento Tarigan, mengingatkan kepada konsumen agar tetap waspada dalam membeli obat, terutama jangan tergiur dengan harga yang murah.

"Selain itu diimbau kepada masyarakat, juga jangan tergiur dengan modus tambahan atau bonus," katanya kepada Analisadaily.com, Rabu (21/3).

Lebih lanjut ia mengimbau kepada semua apotek di Sumut untuk selalu memesan jenis obat apapun dari pihak yang resmi.

"Kami selalu mengingatkan kepada apotek, klinik, ataupun rumah sakit, untuk memesan obat dari distributor resmi," ucapnya.

Sementara dokter spesialis kandungan, dr Khairani Sukatendel SpOG, menjelaskan alasan lebih lanjut perihal dampak negatif dari konsumsi pil KB palsu.

"Umumnya khasiat kontrasepsi itu tidak dapat atau tidak efektif. Artinya efektivitas ber-KB-nya berkurang atau tidak jalan," ungkapnya.

Disinggung efek samping negatif lainnya, dr Khairani menyebut, harus melihat dulu komposisi dari bahan pil KB palsu tersebut.

"Saya belum tahu kandungannya apa. Yang tahu itu tugas POM," tandasnya.

(aa/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar