Dalam Sehari, 27 Kasus Ebola Terdeteksi

Penulis: Christison Sondang Pane

Dalam Sehari, 27 Kasus Ebola Terdeteksi

Ilustrasi (WebMD)

Selasa, 30 April 2019 | 12:44

Analisadaily – Kementerian Kesehatan Republik Demokratik Kongo mencatat, ada 27 kasus Ebola terdeteksi dalam sehari, yaitu pada Minggu (29/4). Sehingga, jumlah kasus di negara ini bertambah menjadi 126 kasus sejak wabah menyerang Agustus lalu.

Wabah ini menyebar cepat di Timur Kongo karena sebagian dipicu serangan milisi terhadap pusat pengobatan Ebola.

Dua bulan terakhir, lima pusat pengobatan Ebola diserang dan seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tewas beberapa waktu yang lalu.

Para penyerang sebagian tidak teridentifikasi, tetapi diyakini terdiri dari anggota milisi lokal dan anggota masyarakat yang menentang upaya tanggapan. Banyak yang percaya bahwa konspirasi yang dibuat pemerintah atau negara asing.

Wabah virus saat ini, menyebabkan muntah parah, diare dan pendarahan, serta paling parah terbesar kedua dalam sejarah setelah Ebola di Afrika Barat 2013-2016 yang menewaskan lebih dari 11.000 orang.

Dilansir dari Reuters, Selasa (30/4), wabah Ebola di Provinsi Kivu Utara dan Ituri di Kongo timur diyakini telah menewaskan sedikitnya 891 orang dan menginfeksi lebih dari 500 orang sejauh ini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar