Computed Tomography Mampu Memprediksi Risiko Serangan Jantung

Penulis: Christison Sondang Pane

Computed Tomography Mampu Memprediksi Risiko Serangan Jantung

Ilustrasi (Reuters)

Senin, 8 Oktober 2018 | 17:54

Analisadaily – Metode baru menganalisis gambar menggunakan Computed Tomography bisa memprediksi pasien mana yang berisiko terkena serangan jantung beberapa tahun sebelum terjadi.

Teknologi yang dikembangkan tim di Univesitas Oxford dan lembaga di Jerman serta Amerika Serikat itu memakai algoritma untuk memeriksa lemak di sekitar arteri koroner karena muncul pada CT scan jantung.

“Jika Anda mampu mengidentifikasi peradangan di arteri jantung maka Anda bisa mengatakan arteri mana akan menyebabkan serangan jantung,” kata Profesor Oxford Kedokteran Kardiovaskular, Charalambos Antoniades dilansir dari Reuters, Senin (8/10).

“Dengan teknologi baru yang kami miliki, kami bisa mencapai hal ini dengan menganalisis CT scan sederhana.’

Antoniades juga menyampaikan, peneliti berharap untuk mendapat persertujuan peraturan agar dokter dapat mengatakan arteri mana yang berisiko menyempit.

“Kita dapat mengatakan, arteri Anda meradang dan penyempitan akan berkembang lima tahun ke depan. Jadi, mungkin Anda bisa memulai  tindakan pencegahan untuk menghindari pembentukan plak,” tambah Antoniades.

Ia menambahkan, meskipun mereka belum memperkirakan jumlah pasti serangan jantung dapat dicegah, tapi mereka mengidentifikasi setidaknya 20 atau 30 persen orang.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar