Coklat Bantu Penurunan Berat Badan

Penulis: Prima Sandova Sitanggang | Editor: Lely Novita

Coklat Bantu Penurunan Berat Badan

Ilustrasi (Express)

 
 

Senin, 30 Maret 2015 | 20:34

Analisadaily – Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa coklat dapat menambah berat badan. Namun, menurut studi yang dilakukan oleh Institute of Diet and Health, coklat bisa membatu dalam menurunkan berat badan.

Hanya saja, mereka mengatakan bahwa coklat harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat disertai dengan olahraga dan pengurangan konsumsi karbohidrat, sebagaimana dikutip dari Express.

Para peneliti mengungkapkan bahwa coklat memiliki senyawa bioaktif yang dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, menurut mereka kombinasi antara coklat, olahraga dan pengurangan karbohidrat dapat membuat seseorang mendapatkan kesejahteraan dan tidur yang lebih baik.

Untuk membuktikan gagasan mereka, para peneliti melakukan ujicoba tehadap sejumlah relawan yang berusia 19-67 tahun dan membagi relawan tersebut menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menjalankan diet rendah karbohidrat yang ketat, kelompok kedua mengikuti diet rendah karbohidrat dan mengkonsumsi 42 gram (81%) coklat per hari dan kelompok ketiga menjalankan diet normal mereka.

Selain mengamati berat badan dan mengukur kimia darah sebelum, selama dan sesudah ujicoba dilakuan, para peserta juga mengisi kuisioner untuk menilai kualitas tidur dan kesejahteraan mereka.

Seperti yang diperkirakan, kelompok yang hanya diet karbohidrat mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok yang mengikuti diet normal mereka.

Tapi, hasil mengejutkan datang dari kelompok yang diet karbohidrat dan ditambah coklat. Mereka kehilangan berat badan lebih banyak dibandingan kelompok yang hanya diet karbohidrat. Bahkan perbedaannya mencapai 10%.

Hasil temuan ini sendiri telah diterbitkan ke dalam Archives of Medicine Internasional.

Tags :

#Coklat #Diet

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar