Cokelat dan Minyak Zaitun Mampu Cegah Risiko Penyakit Jantung

Penulis: Reza Perdana

Cokelat dan Minyak Zaitun Mampu Cegah Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi (Boldsky)

Kamis, 31 Agustus 2017 | 18:18

Analisadaily - Siapa di antara Anda yang tidak suka makan cokelat? Tentunya, banyak dari kita sangat menyukainya dan sering mengonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kabar baiknya, menurut sebuah penelitian terbaru menyatakan, bagi Anda yang suka makan cokelat dicampur dengan minyak zaitun dapat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, serta menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (31/8), campuran cokelat dan minyak zaitun dianggap mampu meningkatkan tingkat sel progenitor endotel (EPC) yang penting untuk perbaikan dan fungsi pembuluh darah.

Studi ini dipresentasikan di Kongres Masyarakat Kardiologi Eropa di Barcelona. Ilmuwan menguji 26 sukarelawan (14 pria, 12 wanita). Dari sukarelawan yang diuji, setidaknya memiliki tiga faktor risiko kardiovaskular seperti merokok, dislipidaemia, hipertensi atau riwayat keluarga penyakit kardiovaskular.

Kemudian mereka mengonsumsi sebanyak 40 gram cokelat setiap hari selama 28 hari, dan diberi extrak minyak zaitun 10 persen selama 14 hari berikutnya secara berturut-turut.

Selanjutnya ara peneliti menemukan bahwa cokelat yang diperkaya dengan minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan kadar EPC dan penurunan kadar karnitin dan hippurate dibandingkan dengan awal.

"Kami menemukan bahwa bagian kecil harian cokelat dengan menambahkan polifenol alami dari minyak zaitun dikaitkan dengan profil risiko kardiovaskular yang lebih baik," kata penulis utama, Rossella Di Stefano, ahli jantung di Universitas Pisa, Italia. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar