Cemilan Sehat yang Mudah Dibuat (Part I)

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Cemilan Sehat yang Mudah Dibuat (Part I)

Ilustrasi (BBC Good Food)

Minggu, 19 Maret 2017 | 13:58

Analisadaily - Hidup sehat sudah menjadi program siapa saja. Hidup sehat tidak hanya berolahraga, tetapi juga menjaga makanan yang dimakan setiap harinya. Menghindari junk food misalnya.

Selain junk food, cemilan juga menjadi faktor lain mengapa kesehatan kurang terjaga. Nah, untuk membantu hidup lebih sehat, cemilan yang dimakan sebaiknya juga harus sehat. Beberapa cemilan yang sehat dan mudah dibuat sendiri di rumah adalah:

Rujak sayur

Pada umumnya, orang-orang lebih memilih buah untuk dirujak. Kini, sayur juga menjadi pilihan yang cermat. Anda bisa menggunakan buncis, wortel, seledri, timun dan sayur sehat lainnya. Sedangkan bumbunya tidak harus pedas.

Bisa menggunakan kacang panggang yang dihaluskan dengan sari lemon, tahini, paprika dan minyak rapeseed. Menyiapkan ini tidak sulit. Cukup dalam waktu 10 menit.

Alpukat dan strawberry smoothie

Alpukat dan strawberry smoothie sangat baik untuk kesehatan. Mudah dan cepat pula membuatnya. Jangan lupa menambahkan yogurt rendah lemak, susu semi-skim dan beberapa perasan lemon atau jeruk nipis, serta madu untuk rasa manisnya.

Apple dan blueberry Bircher

Campur oat dengan bubuk kayu manis dalam mangkuk besar. Campurkan pula jus apel dan apel parut ke dalamnya. Taburi dengan blueberry di atasnya. Biarkan selama 5 menit sebelum disajikan. Makanan ini dapat pula disimpan di dalam kulkas dalam beberapa hari.

Smashed bean dip

Anda yang menyukai kacang-kacangan, ini menjadi makanan pilihan. Anda bisa menggunakan kacang cannellini dan buncis. Masukan 200g kacang cannellini dan 200g buncis ke dalam food processor beserta jus lemon, 2 siung bawang putih, 2 sdt jintan dan yoghurt 100ml. Blend hingga halus.

Seperti diketahui dari BBC Good Food, Minggu (19/3), Anda bisa pula menambahkan biji labu panggang jika diinginkan. Sajikan dengan taburan seledri di atasnya.

Frozen berry yogurt

Seperti namanya, makanan ini tersaji dingin. Cocok untuk Anda yang suka dengan es. Membuatnya pun sangat mudah. Hanya dua menit. Berry yang sedang beku dapat dicampur dengan yoghurt dan madu atau sirup agave.

Masukkan ke dalam food processor dan blender selama 20 detik. Tekstur makanan ini akan mirip seperti ice cream.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar