Cegah Perkembangan Kanker dengan Skrining

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Lely Novita

Cegah Perkembangan Kanker dengan Skrining

Ilustrasi (Telegraph)

Selasa, 5 Mei 2015 | 19:41

Analisadaily - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa skrining untuk mengetahui apakah Anda terkena kanker kulit atau tidak, dapat dilakukan sebelum seseorang memiliki gejala apapun. Dilansir Yahoo Health, dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, angka kesembuhan untuk kanker kulit sangat tinggi.

Uji ini akan memudahkan pemeriksaan oleh dokter kulit dan Anda juga dapat melihat tanda-tanda awal kanker kulit, sehingga dapat memperbaiki kerusakan sebelum terjadi komplikasi yang berakibat fatal.

Penting untuk diingat bahwa tes skrining kanker kulit adalah hal yang terpenting bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala kanker sekalipun. Berikut segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang prosedur skrining :

1. Tidak peduli apa jenis kulit Anda, kita semua harus mendapatkan penjelasan tentang kemungkinan mengalami kanker kulit dengan melakukan skrining secara teratur untuk memastikan kulit kita sehat dan bebas kanker.

2. Dalam persiapan untuk skrining kanker kulit, Anda harus menghapus semua make-up dan cat kuku Anda. Dokter Anda akan memeriksa Anda dari kepala hingga ujung kaki dengan menggunakan alat yang disebut dermatoscope. Beberapa dermatologis menggunakan alat diagnostik yang disebut Melafind untuk melihat tahi lalat atipikal karena dapat menganalisis di bawah permukaan kulit yang memiliki data tersembunyi dari jenis tahi lalat sedalam 2.5mm.

3. Skrining kanker kulit biasanya memakan waktu sekitar 10 menit.

4. Jika teridentifikasi hal yang mencurigakan, dokter mungkin akan melakukan biopsi kulit, dimana skrining ditiadakan dan kemudian diserahkan ke laboratorium untuk diperiksa oleh dermatopathologist atau mungkin menyarankan Anda untuk melakukan lebih banyak tes diagnostik untuk mengetahui apakah Anda memiliki sel kanker atau tidak.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar