Cegah Kanker Serviks Melalui Tes Rutin

Penulis: Reza Perdana

Cegah Kanker Serviks Melalui Tes Rutin

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Selasa, 26 Mei 2015 | 10:22

Analisadaily - Menurut data terbaru dari badan amal Jo Serviks Cancer Trust, jumlah perempuan muda yang didiagnosis mengidap kanker serviks telah meningkat hingga 5 persen dalam satu tahun terakhir.

Dengan kata lain, penyakit kanker serviks diderita oleh 4,8 persen pada perempuan yang berusia 25 sampai 29 dibandingkan tahun lalu. Bila dilihat selama dekade sebelumnya, hal ini merupakan sebuah peningkatan menjadi 59,2 persen.

Badan amal tersebut menjelaskan, peningkatan insiden dapat dikaitkan dengan menurunnya tingkat perempuan untuk melakukan tes Pap kanker serviks. Tentunya, jika tes itu secara rutin dilakukan akan mengurangi peningkatan kanker serviks melalui pencegahan.

Dilansi dari MSN, setiap tahunnya di Inggris, 300.000 perempuan didiagnosis mengidap kanker serviks. Sembilan wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks dan tiga kehilangan nyawa mereka dalam setiap hari.

Untuk menekan angka tersebut, Jo Serviks Cancer Trust telah meluncurkan kampanye melalui media sosial, #SmearForSmear, yang bertujuan untuk menarik perhatian pentingnya tes pap dengan meminta pengguna untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

 "Kami berharap masyarakat dapat sepenuhnya berada di belakang kampanye kami ini. Semakin banyak wanita yang mengambil melaksanakan apa yang kami anjurkan, semakin sedikit yang akan menghadapi infertilitas, menopause dini, serta efek jangka panjang yang lebih luas dan berpotensi bahkan hilangnya nyawa. Sudah saatnya kita semua bertindak seperti itu mungkin hanya menyelamatkan kehidupan,” kata Chief Executive Jo Seviks Cancer Trust, Robert Music.

 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar