Cedera Otak Tingkatkan Risiko Parkinson

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Cedera Otak Tingkatkan Risiko Parkinson

Parkinson (Dreams Time)

Senin, 23 April 2018 | 11:57

Analisadaily - Penelitian yang menganalisis informasi lebih dari 320.000 veteran Amerika Serikat menemukan fakta bahwa banyak dari mereka yang mengalami cedera otak traumatis ringan (TBI) atau sering disebut gegar otak.

Sebanyak 56% veteran pada akhirnya didiagnosis Parkinson setelah lebih dulu mengalami gegar otak. Cedera otak sering terjadi pada mereka saat menjalani kehidupan di kemiliteran.

"Dengan demikian, kami percaya bahwa penelitian ini memiliki implikasi penting bagi populasi umum," kata Dr. Kristine Yaffe dari University of California, San Francisco (UCSF), dilansir dari Fox News, Senin (23/4).

Ini merupakan penelitian besar pertama yang menunjukkan hubungan antara cedera otak dengan Parkinson. Risiko Parkinson lebih tinggi bagi mereka yang memiliki TBI tingkat sedang sampai berat. Peserta ini 83% lebih mungkin mengembangkan kondisi Parkinson.

Pada umumnya, cedera kepala dapat menyebabkan peradangan di otak yang bisa mengakibatkan perubahan dalam sel dan struktur otak yang berkontribusi pada Parkinson.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar