CDC Meminta Orang-orang Pertimbangkan Pakai Vaping

Penulis: Christison Sondang Pane

CDC Meminta Orang-orang Pertimbangkan Pakai Vaping

Ilustrasi (Danchooalex/Getty Images/Ubergizmo)

Sabtu, 7 September 2019 | 14:10

Analisadaily - Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) memang belum mengetahui apa yang menyebabkan penyakit paru-paru misterius di Amerika Serikat terkait dengan vaping. Namun lembaga ini memperingatkan, agar orang-orang mempertimbangkan penggunaan rokok elektronik sebelum memecahkan masalah itu.

Sebelumnya, CDC bersama dengan Food and Drug Administration melaporkan ada 215 kemungkinan kasus telah dilaporkan dari 25 negara bagian, dan setidaknya dua kematian telah didokumentasikan.

"Sementara penyelidikan ini sedang berlangsung, orang harus mempertimbangkan untuk tidak menggunakan produk-produk e-rokok," tulis CDC dalam siaran pers hari ini dilansir dari Engadget, Sabtu (7/9).

Ada banyak rumor dan obrolan yang tidak berdasar tentang risiko vaping, dan CDC mengaku punya banyak pertanyaan. Dikatakan terlalu dini untuk menentukan satu produk atau zat yang umum untuk semua kasus.

Tidak jelas juga apa peran produk yang mengandung THC dalam penyakit ini, karena banyak pasien melaporkan mengompensasi produk yang mengandung THC dan yang mengandung nikotin.

Sementara itu, CDC memperingatkan siapa saja yang menggunakan produk e-cig untuk mewaspadai gejala, seperti batuk, sesak napas, nyeri dada, mual, sakit perut, atau demam. Dan jika Anda membutuhkan pengingat, CDC mengatakan Anda tidak boleh membeli produk ini dari jalanan.

Awal pekan ini, Michigan menjadi negara pertama yang melarang rokok elektrik beraroma, dan San Francisco adalah kota pertama yang melarang penjualan e-cig.

Tidak peduli bagaimana vaping terlibat dalam penyelidikan CDC ini, e-cigs telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung , dan produsen telah diteliti oleh Komisi Perdagangan Federal, FDA dan DPR dan Senat atas kekhawatiran bahwa e-cig target iklan remaja.

Meskipun terlalu dini untuk mengatakan apa yang menyebabkan penyakit paru-paru yang tampaknya terkait dengan vaping ini, CDC cukup khawatir untuk menyarankan agar tidak melakukannya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar