CATAT! Besok, Ada Pemeriksaan Pap Smear Gratis di RSUP Adam Malik

CATAT! Besok, Ada Pemeriksaan Pap Smear Gratis di RSUP Adam Malik

Ilustrasi.

(rel/rzd)

Selasa, 27 Februari 2018 | 17:41

Analisadaily (Medan) - Kanker merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular utama menurut World Health Organization (WHO). Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penderita kanker serviks (kanker leher rahim) terbanyak di dunia.

Kanker sebenarnya bisa dideteksi secara dini, agar bisa dilakukan tindakan pengobatan lebih awal. Salah satunya dengan cara pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini kanker serviks.

Dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, RSUP H Adam Malik akan menggelar pemeriksaan pap smear secara gratis pada Rabu, 28 Februari 2018, di Gedung Paviliun Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik. Juga diadakan seminar awam tentang kanker serviks dan kanker payudara.

“Dalam upaya menginformasikan pelayanan rawat jalan eksekutif di RSUP H Adam Malik yang telah mulai beroperasi sejak 7 Juli 2017 lalu, dan mengambil momen Hari Kanker Sedunia, maka RSUP H Adam Malik akan menyelenggarakan pemeriksaan pap smear gratis, serta seminar awam tentang kanker serviks dan kanker payudara pada 28 Februari 2018 di Gedung Paviliun,” kata Kepala Instalasi Pelayanan Eksekutif, dr Qadri Fauzi Tanjung SpAN-KAKV, selaku Ketua Panitia kegiatan ini, Selasa (27/2).

Dijelaskan dr Qadri, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sesuai dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada akhir 2016 lalu.

Selain itu, diharapkan pula masyarakat secara umum dapat mengenal pelayanan rawat jalan eksekutif di RSUP H Adam Malik.

“Pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini kanker serviks ini bisa diikuti secara gratis oleh masyarakat umum, siapa saja wanita yang telah seksual aktif. Karena pemeriksaan ini terbatas, maka silahkan segera mendaftar kepada panitia melalui telepon atau di Gedung Paviliun Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik,” ucap dr Qadri.

Untuk pendaftaran kegiatan ini, bisa menghubungi Sekretariat Panitia dengan Sdri Esty Budi Rahayu Ns MKep SpMat (HP 081272175377) atau Sdri Yunita Hasaroh SKM (HP 081260092725) untuk mendapatkan undangan pemeriksaan pap smear dan seminar.

Untuk seminar awam yang menjadi pembuka kegiatan akan disampaikan sejumlah dokter spesialis di RSUP H Adam Malik. Yakni, dr Deri Edianto SpOG(K) Onk yang akan membahas tentang deteksi dini kanker serviks, dr Kamal Basri Siregar SpB(K) Onk akan menyampaikan deteksi dini kanker payudara, dan dr Rosmita Ginting SpRad(K) Onk yang akan mengulik soal pola hidup sehat untuk mencegah kanker.

Sebelumnya, masih dalam rangka Hari Kanker Sedunia, RSUP H Adam Malik juga sudah melaksanakan sejumlah kegiatan sosial. Mulai dari penyuluhan kesehatan tentang kanker kepada para pasien dan keluarga di area ruang tunggu Instalasi Rawat Jalan RSUP H Adam Malik pada Senin (5/2), serta ceramah awam tentang pola hidup sehat untuk pencegahan kanker dan seputar deteksi dini kanker mulut di Aula Kantor Kecamatan Medan Tuntungan pada Rabu (21/2).

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar