Cara Terbaik Mengobati Jerawat

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Cara Terbaik Mengobati Jerawat

Jerawat (Acnease)

Selasa, 13 Maret 2018 | 13:08

Analisadaily - Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum pada setiap orang. Menurut American Academy of Dermatology, kira-kira 40 juta sampai 50 juta orang memiliki jerawat pada satu waktu.

Bagi banyak orang, komedo, whiteheads dan jerawat adalah bagian normal dari masa pubertas. Lebih luasnya, jerawat justru bisa menjadi masalah yang terjadi terus menerus. Salah satu penyebab jerawat adalah hormon. 

Dr. Samer Jaber dari Dermatologi Washington Square di New York menjelaskan, jerawat karena hormon pada wanita dewasa mempengaruhi wanita berusia 20, 30-an, 40-an, bahkan hingga usia 50-an.

"Biasanya terkait dengan siklus menstruasi wanita dan fluktuasi estrogen serta progesteron yang menyertainya. Fluktuasi hormon menyebabkan peningkatan produksi minyak dalam pori-pori, yang dapat menyebabkan jerawat," kata Dr. Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology di New York. 

"Rasio progesteron terhadap estrogen juga dapat berpengaruh pada tingkat testosteron wanita, yang dapat menyebabkan jerawat."

"Jerawat hormonal terjadi atau bertambah parah karena siklus menstruasi bulanan. Biasanya paling buruk terjadi selama seminggu, sebelum periode menstruasi dimulai," lanjutnya, seperti laporan dari Huffington Post, Selasa (13/3).

Jerawat yang disebabkan hormon biasanya tidak cocok dengan toner. Cara terbaik mengurangi atau menghilangkan jerawat karena faktor hormon dengan menjaga makanan atau perawatan topical.

"Saya selalu menyuruh orang untuk mengurangi konsumsi gula dan susu. Ini mempengaruhi berkurangnya jerawat. Lonjakan gula darah menyebabkan peradangan dan fluktuasi hormon, yang bisa memperburuk jerawat," lanjutnya.

Pengobatan topikal, seperti retinoid, antibiotik dan anti-inflamasi, serta asam salisilat atau benzoyl peroxide, juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar