Cara Sederhana Mengontrol Rasa Lapar

Penulis: Reza Perdana

Cara Sederhana Mengontrol Rasa Lapar

Ilustrasi (Boldsky)

Senin, 13 Mei 2019 | 15:06

Analisadaily - Apakah rasa lapar menghantam Anda setiap saat sepanjang hari? Jangan khawatir, berikut cara mengontrol rasa lapar dengan beberapa cara sederhana. Ada beberapa alasan mengapa Anda lapar bahkan setelah selesai makan besar.

Dilansir dari Boldsky, Senin (13/5), alasannya termasuk tidak makan cukup protein, kurang tidur, makan terlalu banyak karbohidrat olahan, tidak makan makanan sehat berlemak tinggi, tidak minum cukup air, tidak makan makanan kaya serat, dan minum alkohol berlebihan.

Ada banyak yang memilih penekan nafsu makan seperti pil yang menghentikan diri dari rasa lapar. Namun, menurut National Institute of Health (NIH), pil penekan nafsu makan ini datang dengan efek samping yang berbahaya.

Sebaliknya, seseorang dapat pergi dengan cara alami untuk mengekang rasa lapar dan menekan nafsu makan. Berikut cara-cara mengendalikan rasa lapar.

1. Makan Makanan yang Kaya Serat

Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti kacang, kacang polong, buncis, dan lentil dapat meningkatkan perasaan kenyang hingga 31% [1]. Diet tinggi serat meregangkan perut, memperlambat laju pengosongannya dan memicu pelepasan hormon kepenuhan. Biji-bijian yang kaya serat juga bisa mengurangi rasa lapar dan membuat Anda kenyang.

2. Tambahkan Protein

Menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet membuat Anda kenyang lebih lama, membuat Anda lebih sedikit lapar. Makan makanan berprotein tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, produk kedelai, kacang-kacangan dan kacang polong, yogurt Yunani, dll.

3. Makan Lemak Sehat

Lemak sehat yang ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian lebih efektif dalam memuaskan rasa lapar dan menjaga perut Anda kenyang lebih lama. Itu karena ketika Anda mengonsumsi lemak, hormon yang disebut leptin dilepaskan dari sel-sel lemak, yang akan memicu hipotalamus untuk menurunkan nafsu makan. Jika ada kekurangan leptin, itu bisa memicu nafsu makan yang rakus.

4. Minum Air Atau Sup Sebelum Makan

Setiap penelitian menunjukkan bahwa minum segelas air sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, lebih puas, dan kurang lapar setelah makan. Studi lain menemukan bahwa makan sup sebelum makan dapat memuaskan nafsu makan setelah makan.

5. Makan Salad Sebelum Makan Siang

Orang yang memiliki salad besar, rendah kalori sebelum makan siang makan 12 persen lebih sedikit kalori selama makan. Di sisi lain, orang-orang yang memiliki salad yang lebih kecil makan 7 persen lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Salad terdiri dari bahan-bahan seperti selada romaine, wortel, tomat, mentimun, dan seledri.

6. Minum Kopi

Minum kopi meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY). Hormon ini diproduksi oleh usus sebagai respons terhadap makan, yang membuat Anda kenyang. Para ilmuwan mengklaim bahwa hormon ini memainkan peran utama dalam menentukan seberapa banyak Anda cenderung makan. Kopi tanpa kafein bekerja paling baik untuk mengurangi rasa lapar Anda.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar