Cara Mengenali Gejala Batu Ginjal

Cara Mengenali Gejala Batu Ginjal

Dokter spesiali urologi, dr Zulpian Hasibuan SpU

(rel/rzd)

Senin, 15 Juli 2019 | 19:53

Analisadaily (Medan) - Pasien yang berkaitan dengan penyakit urologi di Sumatera Utara (Sumut) sangat banyak. Mulai dari pasien penderita batu ginjal, tumor ginjal, hingga tumor kantung kemih.

Untuk batu ginjal, ada beberapa cara mengenalinya. Dokter spesiali urologi, dr Zulpian Hasibuan SpU mengatakan, kasusnya berbeda-beda. Untuk batu ginjal, biasanya jika di saluran kemih akan memberikan rasa nyeri pinggang.

“Bukan di tengah, tapi di kiri maupun di kanan. Biasanya nyeri menjalar sampai ke depan,” kata dr Zulpian, Senin (15/7).

Diungkapkannya, rasa nyeri biasanya bersifat tajam. Hal itu disebut kolik ureter yang umumnya sakit sekali, bahkan seluruh posisi penderita bisa salah. Jika mau berbaring, tidur, dan berdiri juga akan salah, karena sakit sekali.

“Itu salah satu gejala-gejala yang bisa dirasakan,” ungkapnya.

Kalau batu di ginjal dan ukurannya besar, biasanya rasa nyerinya tumpul, hanya pegal. Banyak pasien mengeluh merasakan pegal saja. Untuk kasus ini, dimungkinkan pemeriksaan imaging seperti Ultrasonografi atau yang biasa dikenal sebagai USG atau foto.

“Karena yang selalu kelewatan itu batu di ginjal, ukuran besar. Pasien merasa pegal-pegal biasa, ternyata setelah dibuktikan dengan foto, ada batu,” ujarnya.

dr Zulpian menyebut, batu ginjal berpotensi menyerang siapa saja. Hanya saja, angka di bawah 40 tahun mungkin lebih rendah, karena lebih banyak aktivitas. Apalagi gaya sekarang, terlalu banyak nongkrong di kafe dan minum kopi.

“Itu salah satu penyebab batu ginjal. Makanya, penuhi kebutuhan air putih. Minimal orang dewasa 2 liter per hari,” sebutnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar