Cara Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Eka Azwin Lubis

Cara Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Ilustrasi (ABC News)

Jumat, 29 Juli 2016 | 19:54

Analisadaily - Jerawat merupakan penyakit kulit yang disebabkan pori-pori tersumbat sehingga meninggalkan kantong nanah yang meradang.

Penyakit yang sering muncul pada bagian wajah ini kerap mengakibatkan rasa percaya diri menurun.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara supaya jerawat tidak muncul lagi. Berikut paparannya seperti dilansir dari FoxNews, Jumat (29/7):

1. Cuci Wajah

Mencuci wajah lebih sering dapat mencegah timbulnya jerawat karena kotoran yang tertinggal di wajah. Oleh karena itu, setidaknya Anda harus mencuci wajah sekali dalam sepekan dengan detergen bebas aroma.

Selain itu, pasca berolahraga, Anda juga harus membersihkan wajah dengan handuk kering. Usahakan detergen tidak mengandung fragrance dan aditif karena itu dapat mengiritasi kulit.

2. Hindari Matahari Berlebih

Terpapar sinar matahari berlebihan dapat membuat wajah mongering dan menimbulkan sel kulit mati. Kulit mati menyumbat pori-pori di punggung dan bahu sehingga menyebabkan jerawat. Tidak hanya itu, kelebihan cahaya matahari juga dapat menyebabkan kanker.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan pengangkatan sel kulit mati dan bakteri pada permukaan wajah dan ini berguna untuk menjaga kebersihan kulit wajah sehingga tidak terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati. Gunakan cara ini sekali sehari beberapa menit sebelum mandi.

Tags :

#Jerawat #kulit

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar