Cara Membuat Bayi Tertidur Pulas di Malam Hari

Penulis: Reza Perdana

Cara Membuat Bayi Tertidur Pulas di Malam Hari

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Kamis, 16 Juli 2015 | 20:10

Analisadaily - Jika Anda memiliki bayi yang waktu tidurnya cukup teratur, berarti Anda termasuk dalam kategori orang tua yang beruntung. Pasalnya, dalam banyak kasus anak bayi cenderung bersikap rewel maupun menangis di saat malam hari.

Dilansir dari Celebripedia, berikut tips bagi Anda para orang tua untuk membuat bayi Anda tidak rewel dan tertidur di malam hari. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu untuk beristirahat yang cukup:

1. Optimalkan kenyamanan bayi

Apakah bayi Anda selama ini merasa nyaman? Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan ketika bayi Anda terlalu rewel di malam hari. Pertama-tama, coba Anda periksa popoknya, kemudian perhatikan apakah tempat tidurnya kusut, atau kelembutan bantal hingga selimut. 

Kemudian sesuaikan suhu dan kelembaban ruangan Anda. Kondisi ideal untuk bayi adalah 70 derajat F dengan tingkat kelembaban berkisar sekitar 50 persen.

2. Gendong dan berjalan

Metode ini adalah metode yang banyak dilakukan oleh orang-orang tua dulu. Meski demikian, metode ini cukup ampuh bagi Anda untuk memberika rasa tenang pada bayi agar ia mudah terlelap dalam gendongan Anda sebagai orang tua.

Jika bayi Anda terbangun kembali setelah tertidur di tengah malam, lakukan metode ini lagi agar bayi Anda terlelap kembali.

3. Minimalkan rangsangan

Beberapa menit sebelum tertidur, usahakan hal-hal yang dapat menimbulkan rangsangan yang ada di sekitar Anda dan bayi dijauhkan. Misalnya menjauh dari suara televisi dan radio, kemudian Anda harus menjauhkan sinar cahaya yang terlalu menyengat mata Anda dan bayi, selanjutnya pastikan ruangan Anda memiliki cahaya yang minim untuk membuat bayi mudah terlelap.

4. Pelihara kehangatan

Dengan memelihara kehangatan pada tubuh bayi dapat membuat Anda merasa aman saat hendak menidurkannya. Beberapa caranya adalah memberi bayi Anda mandi air hangat, memijat punggungnya dan memberi mereka makan maupun minum susu sebelum tidur.

Pasalnya, beberapa cara tersebut memiliki efek menenangkan dan dapat membantu bayi untuk tertidur di malam hari.

5. Konsisten dengan waktu

Konsisten dengan waktu dapat memberikan kebiasaan bagi bayi Anda untuk membuatnya tertidur di malam hari, karena sebuah rutinitas tidur yang konsisten juga memberikan dampak yang positif. Tentukan waktu yang konsisten untuk tidur malam dan tidur siang, lakukan hal ini dengan rutin.

Sebagai orang tua, tidur malam yang baik adalah sebuah kenikmatan bagi Anda. Gunakan teknik-teknik klasik dan trik cerdik yang diberikan oleh orang tua Anda untuk membuat bayi Anda mengantuk sehingga seluruh keluarga akan memiliki malam yang lebih tenang.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar