Cara Lindungi Balita dari Paparan Sinar Matahari

Penulis: Reza Perdana

Cara Lindungi Balita dari Paparan Sinar Matahari

ilustrasi (Berbagai Sumber)

Rabu, 21 Oktober 2015 | 15:28

Analisadaily - Paparan langsung dari sinar matahari ternyata dapat mempengaruhi kerusakan pada kulit. Tidak hanya bagi orang dewasa, anak-anak ternyata lebih rentan akan kerusakan kulit akibat paparan langsung sinar matahari.

Bagi Anda orang tua yang memiliki Balita, sudah saatnya mulai peduli untuk melindunginya akan bahaya dari paparan langsung sinar matahari dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut ada beberapa cara yang akan Analisadaily.com sajikan kepada Anda untuk melindungi Balita dari paparan langsung sinar matahari, seperi dilansir dari Boldsky, Rabu (21/10):

Gunakan Topi

Topi atau penutup kepala sangat efektif untuk menghindari anak Anda dari paparan langsung sinar matahari, meskipun tidak melindungi kulit badannya, namun menggunakan topi saat Anda dan anak-anak di luar rumah mampu melindungi kepalanya dari sengatan matahari.

Gunakan Tabir Surya

(Boldsky)

(Boldsky)

Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan karena bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Namun di lain sisi, jika terkena sinar matahari terlalu lama dan tanpa perlindungan, akibatnya bisa berdampak buruk bagi warna dan kesehatan kulit Anda dan anak-anak.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan tabir surya yang tepat. Dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari bahaya sinar matahari yang bisa memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit, yang bisa membuat kulit menjadi gelap. Pastikan produk yang digunakan mengandung SPF yang sesuai dengan standar.

Batasi Paparan Langsung

Ada baiknya Anda sebagai orang tua untuk membatasi Balita terkena paparan langsung sinar matahari, misalnya dengan mengikuti prosedur-prosedur kesehatan seperti tinggal di dalam rumah dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, karena pada jam tersebut cahaya matahari cukup menyengat.

Jangan Tinggalkan Balita di Dalam Mobil

(Boldsky)

(Boldsky)

Ketika Anda keluar atau hanya sekedar berbelanja di sebuah toko atau super market, jangan pernah meninggalkan Balita di dalam mobil, selain tidak baik untuk keselamatan, meninggalkan Balita di dalam mobil juga berbahaya untuk kesehatannya.

Misalnya saja Anda lupa ketika memarkirkan kendaraan di lapangan terbuka, otomatis cahaya sinar matahari langsung menyengat bagi siapa saja yang berada di dalam mobil. Begitu juga dengan anak Anda.

Gunakan Pakaian yang Longgar

Jika pun Anda harus menghabiskan waktu atau hanya sekedar keluar rumah membawa Balita disaat cuaca panas, ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang longgar untuk Balita. Terkadang, kain atau bahan pakaian juga dapat mempengaruhi suhu tubuh atau regulasinya.

Gunakan Kacamata Hitam

Selain mengenakannya pakaian yang longgar serta dipadukan dengan topi, gunakan juga kacamata hitam sebagai pelengkap untuk Balita Anda. Meskipun terlihat terlalu ribet, setidaknya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan!

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar