Cara Efektif Menghilangkan HPV

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Cara Efektif Menghilangkan HPV

Ilustrasi (Womens Health Magz)

Senin, 21 September 2015 | 08:47

Analisadaily - Human Papilloma Virus lebih dikenal sebagai HPV. Jenis penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang paling umum terjadi. Bahkan, penyakit ini umum terjadi pada setiap pria dan wanita yang aktif melakukan seks.

Ada lebih dari 100 jenis HPV, tetapi hanya beberapa dari mereka yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti timbulnya kutil kelamin atau kanker serviks, vagina, vulva atau anus.

Dilaporkan dari Fox News (20/9), pengujian HPV tidak secara otomatis langsung terdeteksi sebagai kanker. Beberapa penelitian memperkirakan 50 persen pasien yang terinfeksi HPV dapat membersihkan virus dalam waktu 8 bulan dan 90 persen akan sembuh dalam waktu dua tahun. Namun ketika sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan infeksi beberapa jenis HPV, inilah yang dapat menyebabkan kanker.

Menjalani tes reguler dan pap smear penting untuk mendeteksi sejak dini bagi seluruh wanita. The Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui tes HPV bagi wanita berusia lebih dari 30 tahun. Namun, saat ini belum ada tes HPV untuk pria.

"Jika seorang wanita terdeteksi HPV, ada peningkatan risiko penularan kepada pasangannya. Banyak pasangan tidak akan mengembangkan masalah, tapi ada meningkatnya insiden kanker mulut pada pria yang tampaknya ditularkan dari oral seks dari pasangan yang positif terinfeksi HPV,” kata seorang Kepala Dinas Kesehatan BodyLogicMD, Dr. Jennifer Landa.

Jenis-jenis HPV. (Slide Share)

Jenis-jenis HPV. (Slide Share)

Pria dan wanita dapat menurunkan risiko HPV dengan mendapatkan vaksinasi. FDA telah menyetujui tiga vaksin HPV untuk digunakan di Amerika Serikat. Penelitian telah menunjukkan, mereka (vaksinasi) sangat efektif terhadap virus tertentu HPV yang menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin dan kanker.

Centers for Disease and Prevention (CDC) merekomendasikan semua anak laki-laki dan perempuan berusia 11 atau 12 tahun untuk mendapatkan vaksinasi, karena vaksin bekerja sebelum seseorang terinfeksi. Para ahli mengatakan, lebih baik memberikan vaksin pada seseorang ketika mereka belum menjalani hubungan seksual.

Sejauh ini, belum ada obat untuk virus HPV. Kebanyakan dokter menyarankan melakukan beberapa hal sebagai pencegah.

HPV (Ansci)

HPV (Ansci)

"Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai pencegah. Pertama, hindari rokok. Jika Anda merokok, berhentilah. Kedua, hindari kontrasepsi oral. Penelitian menunjukkan, pil KB dapat meningkatkan kemungkinan Anda yang telah terinfeksi HPV, berubah menjadi kanker,” kata Landa.

Wanita yang terkena HPV saat hamil harus berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu saat mereka ingin menghentikan pengobatan menggunakan pil. Wanita hamil juga harus mengikuti beberapa pemeriksaan sebelum melahirkan jika ingin melindungi calon bayinya.

"Anda harus mempertimbangkan penggunaan IUD (alat kontrasepsi). Hormon yang terkandung dalam IUD hanya untuk mengurangi HPV. Lebih baik mengkonsumsi vitamin. Beberapa vitamin telah terbukti mampu membersihkan HPV."

"Paling utama adalah vitamin B, khususnya asam folat dan B12. Saya akan merekomendasikan asam folat 1000mcg. Bentuk terbaik adalah methyltetrahydrofolate (MTHF). Untuk B12, saya akan merekomendasikan 1000mcg setidaknya per hari dalam bentuk methylcobalamin.”

"Saya akan merekomendasikan 400IU untuk vitamin E. Terdiri dari tokoferol dan campuran beta dan gamma tocopherol. Sebagian besar vitamin E yang dijual adalah delta tokoferol, sehingga Anda harus memastikan Anda mendapatkan vitamin E dengan campuran tocopherol,” tutup Landa.

Tags :

#Seks #HPV

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar